Rabu, 14 September 2011

BAKED MATERIAL

== BAKED MATERIAL ==
mari kita belajar bersama :).. kali ini saya akan sharing mengenai " BAKED MATERIAL ". BAKED MATERIAL adalah salah satu fitur di MAX yang berguna untuk meringankan render saat kita merender. karena BAKED MATERIAL disini berfungsi untuk menyimpan semua lighting dalam satu JPG / material. jadi render dengan lighting cukup satukali di awal saja.
langkah langkahnya

(1)
disini saya menggunakan contoh BOX, pertama siapkan benda / character yang akan di render.




(2)
sebelum itu di beri modefire unwarp UVW, untuk memudahkan unwarp disini saya menggunakan flatten mapping. Unwarp UVW - Parameters - Edit - Mapping - flatten Mapping trus " OK "




(3)
siapkan lighting yang di inginkan.



(4)
pres "0" angka enol untuk mengeluarkan tab render to texstur. aktivkan Use Exiting Channel [ channel (1) ] pilih ADD - [ add texsture Elements ( CompleteMap ) ]. Pilih ukuran pixel untuk render



(5)
hasil render kita save untuk di jadikan texstur.



(6)
loadkan hasil render texsture tadi. jadi kita tak lagi membutuhkan lighting untuk merender lagi. kita bisa menggunakan assign render " defauld render "




slamat mencoba, semoga bisa bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar